0


File Name: Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA/MA Revisi 2017



Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA/MA Revisi 2017 ini merupakan file terbaru yang disusun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat Pembinaan SMA yang akan kami bagikan dalam postingan kali ini. Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan K13 tingkat SMA pada tahun 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah melaksanakan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik.


Panduan Penilaian K13 SMA/MA Revisi 2017

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA/MA Revisi 2017

Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan peserta didik. Permasalahan lain yang sering muncul adalah penetapan KKM dan penerapannya secara teknis pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam menentukan nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.

Oleh karena itu maka Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Penilaian Pendidikan, menyusun Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan hasilnya pada bulan mei 2017 lalu panduan ini telah diterbitkan.



Panduan Penilaian K13 SMA/MA ini disusun dan dikembangkan dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013, bahwa salah satu permasalahan utama adalah penilaian hasil belajar peserta didik antara lain: 
  • Masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam penilaian sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2). 
  • Masih banyak guru yang belum terbiasa menggunakan beberapa teknik penilaian, seperti portofolio dan proyek dalam melakukan penilaian keterampilan. 
  • Sekolah mengalami kesulitan dalam menentukan interval nilai predikat pengetahuan dan keterampilan yang merujuk KKM untuk batas minimal predikat C.
  • Pemahaman dan implementasi remedial di sekolah masih banyak persepsi yang berbeda-beda.


Download Juga !!!



Diharapkan dengan postingan yang berjudul Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA/MA Revisi 2017 ini dapat menjadi referensi yang baik dalam membantu anda memenuhi tugas sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini kedepannya. Dapatkan juga berbagai Administrasi Sekolah lainnya secara lengkap melalui daftar menu atau label yang tersedia.

Posting Komentar

 
Top